Kamis, 18 Agustus 2011

Cara Membuat Label Undangan Dengan Menggunakan Mail Marge


Di sini saya akan sedikit mencoba menjelaskan cara membuat label undangan menggunakan mail marge, biasanya ketika membuat label undangan sering digunakan secara manual, kebayang banget kalo undangannya ada 1000 orang atau lebih, wah…file wordnya pasti lambat banget…
Nah disini saya mengkombinasikan anatara Ms. Excel dengan Ms. Word, supaya lebih mudah dalam menginput data-datanya..
1.       Buka Ms. Excel dulu kemudian input satu persatu nama-nama yang akan anda undang.
        sebelum menginput datanya, anda boleh lihat label yang sudah anda beli dulu, berapa kolom label yang sudah anda beli, misalkan 12 kolom dari 1 lembar kolom, kemudian buat format table dari Ms. Excel berikut.










2.       Dalam membuat format table anda diharuskan membuat secara horijontal perhatian gamabar diatas, misalakan Nama 1 adalah untuk label kolom 1 dan alamat 1 adalah untuk alamatnya









3.     Setelah anda buat dan input data-datanya tahapan kedua adalah untuk menyimpan document Ms. Excelnya
4.    Tahapan selanjutnya baru anda mengkombinasikan file excel dengan word, yaitu dengan menggunakan mail marge, tapi anda harus mengukur ukuran mail marge dulu, misalnya width : 19.5 cm dan height : 15.4 margenya Left : 0.1 Right : 0.1 Top : 0.2 Bottom : 0.2

       


















dan hasilnya seperti gambar dibawah


















5.       Barulah anda membuat label dengan menggunakan shapes rectangle atau Raunded rectangle jumlah label yang ada di label, misalnya 12…
















Dan hasilnya seperti gambar dibawah

















Boleh anda memodifikasinya dengan member hiasan bunga disamping kota, inget setiap rectangle, line colornya di hilangkan
6.       Barulah anda mengkombinasikan fileExcel dengan membuka nama file excel yang td disimpan oleh anda, ikuti langkah untuk membuka dile terseut
        Klick Menubar Mailings‑select Recipient-use exiting list











Pilih sheet1 (memilih sheet tergantung ketika kita membuat data  di file excel, biasanya kita mulai bekerja di sheet1, maka pilih sheet1 kemudian pilih oke











7.       Setelah memilih sheet, baru kita memasukan merge fieldnya,,





















8.       Masukan sampai kolom ke 12

        










9.       Setelah anda masukan merge field nya, sekarang anda dapat melihat hasilnya











10.   Sekrang anda dapat mencetaknya dengan menggunakan Finish Marge – Print Document















11.   Bisa secara langsung dicetak semunya, biasa juga diacak atau dipilih










Mudah-mudahan bemanfaat…!!


2 komentar:

bagaimana cara memasukan hiasannya, misal seperti diatas ditambahkan gambar bunga di tiap pinggirny?????

mf sya baru bls...biasa jarang ngebuka blog
cara memasukan hiasan itu berupa gambar, anda bisa menggunakan pasilitas insert picture..setelah muncul..bisa digandakan sesuai kebutuhan
trmaksh....

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More